Kamis, 28 Mei 2009

Sejarah berdirinya AN-NUR Purwodadi

Semangat pagi................... sejarah tetap sejarah jangan kita melupakan sejarah, karena sejarah merupakan fondasi untuk memperkuat sebuah perusahaan, CV, PT atau yang hakiki dalam layanan bekerjaku adalah Layanan dunia pendidikan khususnya pendidikan profesi calon perawat Indonesia.

AKU SEBAGAI PERAWAT PENDIDIK. AKU DILAHIRKAN MENJADI PERAWAT DAN NAMAKU DIBESARKAN DARI AKPER AN-NUR PURWODADI.

Mau tahu sejarahnya....... yuk baca sejarahnya.



Bertolak dari keberhasilan Bapak H. Asaat Pitoyo, SKp, M.Kes dengan Ibunda Hj.Waridah Nasution SKM, M.Kes dalam membina dan mengembangkan pendidikan DIII Keperawatan ngudi waluyo ungaran semarang, serta bersama muncunya akper-akper baru, baik di jawa tengah tengah maupun di seluruh penjuru tanah air maka Bp asaat pitoyo dengan ibu Hj waridah Nasution sebagai perawat dan Bidan senior berminat untuk menambah institusi pendidikan keperawatan yang sudah dikelolanya.
Keinginan ini juga didukung oleh adanya permintaan tenaga perawat dari berbagai negara/ luar negeri. Adapun dipilih lokasinya di kabupaten Grobogan adalah didasarkan pengalaman Bp asaat pitoyo yang berdinas sbg PNS di Akper Depkes Semarang ( yang sekarang Poltekes Depkes semarang). Melihat bahwa peminat pendidikan akper Depkes Semarang paling banyak adalah dari daerah kabupaten sragen maupun kabupaten Grobogan.
Studi kelayakan dan penyusunan proposal dilakukan tidak terlalu lama yaitu dimulai dengan pendirian yayasan An-Nur purodadi. susunan pengurus yayasan tersebut adalah ketua dr.Milla darmi,SpKK dan wakil lila kusuma rahayu, SSi,MSi. Setelah yayasan tersebut berdiri, selanjutnya dimulai penyusunan proposal dan kemudian dimintakan rekomendasi pada Bp Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Grobogan ( Bp. dr agus Subandriyo ) dan Bapak Bupati Kab. Grobogan ( Bp Mulyono ) proses untuk mendapatkan Rekomendasi diwilayah Kab. Grobogan berlangsung agak mengalami hambatan Di Dinas Kesehatan TK II, akan tetapi kemudian hambatan tersebut diselesaikan oleh Bapak Bupati.
Selesai mendapatkan ijin dari daerah TK II selanjutnya proposal tersebut dikirim ke kanwil Depkes Jawa tengah dan dilanjutkan ke DEPKES Republik Indonesia ( Pusdiknakes ) atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan ) di Jakarta. setelah melalui proses panjang akhirnya keluarlah SK ijin Operasional akper dan akreditasi B dengan SK Menkes RI no. HK.00.06.1.1.0352. untuk operasional tahun pertama yaitu 1996 akper annur dilaksanakan di Jalan Kapten Rusdiat danyang- Purwodadi dengan menyewa gedung milik PEMDA kab. grobogan ( bekas pakai STM pertanian ). dan pada akhir tahun ke III telah berhasil membangun Satu gedung di Jalan Gajah Mada yang ditempati sampai sekaramg ini.
Pada akhir tahun ke 2000. Akademi Keperawatan An-Nur, Bp Asaat pitoyo dan Ibu Waridah Nasution berencana mendirikan AKBID ngudi waluyo ungaran, Setelah proposal Akademi kebidanan ungaran diajukan kepada Bp. kepala Dinas kesehatan TK I semarang ternyata Bp Kepala Dinas TK I semarang menyatakan dan menyarankan agar di kabupaten grobogan juga didirikan AKBID. oleh karena itu maka AKBID ngudi waluyo ungaran dan AKBID An-Nur purwodadi mendapatkan SK pendirian ijin Operasional untuk AKBID An-Nur Purwodadi dan predikat akreditasinya berdasr SK Menkes RI No. HK.00.6.22.00109.
AKPER An-Nur dan AKBID An-Nur purwodadi adalah 2 Institusi Pendidikan tenaga kesehatan yang sama- sama bernaung dalam satu yayasan yaitu yayasan An-Nur Purwodadi.
hingga pada akhirnya setelah berkembang cukup maju dan pesat AKPER An-Nur purwodadi bernaung di bawah payung DIKTI dengan SK MendiknasRI N0.54/D/o/2006 terkonversi yang semula AKPER menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKES ) An-Nur Purwodadi dengan 3 jurusan atau Program studi S1 Ilmu Keperawatan, DIII Keperawatan ( Akper ) dan DIII kebidanan ( Akbid). dan Akademi Kebidanan An-Nur Purwodadi dengan SK Mendiknas RI No. 20/D/ o/ 2002.

Ketua STIKES An-Nur Purwodadi : Bp. Eko Susilo, S.Kep, Ns.,M.Kep
Pembantu Ketua I Bid. Akademik : Bp. Fatchulloh, S.Kep, Ns
pembantu ketua II : Ibu. Anita Lufianti, S.Kep, Ns
Pembantu Ketua III : Bp. Sutrisno, S.Kep, Ns
Ketua Prodi S1 Keperawatan : Ibu Etika Dwi Winahyu, S.Kep, Ns
Ketua prodi DIII Keperawatan : Ibu Meity Mulya Susanti, S.Kep, Ns
Ketua Prodi DIII Kebidanan : Ibu Rina Puspita, S.SiT, M.Kes

Direktur AKBID An-Nur Purwodadi : Ibu Sri Martini, S.SiT
Pembantu Direktur I : Ibu Rista handayani, S.SiT
Pembantu Direktur II : Ibu Alviani Ayuningtyas, S.SiT
Pembantu Direktur III : Ibu Fitriyah Rahmawati, S.SiT

Jadi ayo bergabung dengan kita...... terima kasih smoga menjadi wacana untuk kita semua.

1 komentar:

  1. info sejarahnya oke tuch pak.....jadi dikit2 taw ini...heheheh

    BalasHapus